Unik dan Berbeda: Begini Cara Kerja Transmisi D-CVT di Toyota Avanza

Berbeda dari yang lain, seperti ini CVT D-CVT yang digunakan pada Toyota Avanza
Toyota Avanza mengandalkan sistem transmisi D-CVT atau dikenal juga sebagai Dual Mode Continuously Variable Transmission, yang memiliki perbedaan dibandingkan dengan jenis CVT kebanyakan.
/ News
Radityo Herdianto 24 Mei, pukul 10:15 WIB 24 Mei, pukul 10:15 WIB- Varian terkini dari Toyota Avanza menawarkan sistem transmisi otomatis CVT baru sebagai pengganti transmisi otomatik konvensional yang lama.
Jenis transmisi variatif kontinu (CVT) yang digunakan pun berbeda dari kebanyakan kendaraan lain di pasaran.
Pada mobil Toyota Avanza terdapat transmisi bertipe D-CVT atau disebut juga dengan Continuously Variable Transmission mode dual.
Sama seperti CVT biasa, D-CVT pada Toyota Avanza juga memiliki sepasang pulley (pulley utama dan pulley sekunder) yang terhubung melalui sabuk baja (belt). Komponen ini berperan penting untuk membentuk perbandingan gear di dalam transmisi.
Namun, perbedaannya terletak pada adanya komponen tambahan berupa gigi pemisah dalam sistem D-CVT.
Setelan pada puli dapat diatur agar bergerak lebih lebar atau sempit, menyesuaikan diameter sabuk dan menghasilkan perbandingan gigi.

Rangkaian utama pada girboks beroperasi mulai dari posisi statis hingga mencapai kecepatan sedang dan rendah.
Pada kecepatan di atas 60 km/jam baru komponen split gear berfungsi.
Gear split memastikan energi dari mesin dialirkan dengan efisien tanpa banyak hilang akibat pemborosan, berbeda dengan sistem sabuk yang bisa menyebabkan kerugian daya saat mencapai kecepatan tinggi karena perbandingan giginya.
Di kecepatan rendah, transmisi dengan sistem pula dan sabuk memastikan bahwa putaran mesin tetap rendah ketika mobil sedang melaju. Ini terjadi pada saat akselerasi kendaraan.
Oleh karena itu, kinerja mesin dapat dipertahankan secara maksimal sementara efesiensi bahan bakarnya tetap terjaga dalam berbagai tingkat kecepatan.
Copyright 2025
Related Article